Tuesday, 26 March 2013

khasiat kunyit



Kunyit ( kunir atau Curcuma domestica Vahl) adalah tanaman yang biasa digunakan sebagai bumbu ataupun pewarna alami dalam makanan tetapi juga bisa digunakan untuk pengobatan berbagai macam penyakit.
 Tanaman dari famili Zingiberaceae ini tumbuh amat baik di Indonesia dan mudah didapati di pasaran. Bagian utama dari kunyit yang memiliki khasiat obat adalah rimpangnya yang berada di dalam tanah.

Kunyit mengandung kurkumin, 10% desmetoksikumin, 1-5% bisdesmetoksikurkumin.  Zat- zat lain dalam kunyit yang bermanfaat adalah minyak atsiri yang terdiri dari keton sesquiterpen, turmeron, 60% tumeon, 25% Zingiberen, felandren , sabinen , borneol dan sineil. Kandungan lemak dalam kunyit sebesar 1 -3%, 3 % karbohidrat, 30% protein, 8% pati, Vitamin C 45-55%,zat besi, fosfor, dan upkalsium.


 2500 tahun kunyit telah banyak di manfaatkan di Negara India  untuk berbagai pengobatan. Kunyit memiliki khasiat antispetik dan anti bakteri  yang sama dengan fluoride untuk gigi, selain itu juga memiliki kemampuan untuk menyembuhkan psoriasis dan peradangan sendi, serta mengatasi masalah depresi dan pencernaan.

Beberapa manfaat atau khasiat  kunyit untuk pengobatan:
  1. Kunyit memiliki kemampuan meningkatkan jumlah antioksidan dalam tubuh. Kurkumin memiliki kemamputan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
  2. Kurkumin pada kunyit memiliki kemampuan menghambat laju pertumbuhan pembuluh-pembuluh darah baru sehingga dengan kemampuan ini kunyit dapat mencegah dan mengobati kanker.
  3. Efek farmakologis yang terkandung dalam kunyit dapat melancarkan darah dan haid serta mengurangi rasa lelah dan nyeri saat datang bulan atau haid.
  4. Kunyit mampu sebagai antikoagulan alami yang dapat menghalangi pembekuan darah dan mencegah terjadinya trombosis.
  5. Kunyit memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah, mengobati diare, sakit lambung,rematik, usus buntu dan asma.
  6. Sifat analgesik alami kunyit dapat mengurangi rasa nyeri. Sifat analgesik dan antiinflamasinya kunyit dapat mengobati artritis dan rheumatoid artritis.
  7. Kunyit berpotensi memperpanjang jangka waktu abilitas kognitif otak sehingga dapat menghambat penyakit pikun

Khasiat  kunyit untuk mengobati berbagai  penyakit beserta cara pengolahannya.
1. Demam :
        Bahan                 : rimpang kunyit 20g,air matang 100m
        Cara pengolahan  : Bersihkan rimpang kunyit kemudian diparut. Campur hasil parutan
                                   dengan 100ml air. Kemudian peras dan saring. Air hasil perasan kunyit
                                   diminum sebanyak 2 kali sehari.
2. Diare  :
          Kunyit yang sudah diiris dicampur dengan 1 sendok air kapur sirih. Rebus dan aduk sampai rata. Setelah mendidih kemudian didinginkan dan disaring. Minum 3 kali sehari sampai sembuh.

3. Borok  :
              Kunyit sebesar ibu jari diparut dan dicampur dengan 1 sendok air kapur sirih dan perasan 1 jeruk nipis, kemudian diaduk sampai rata. Oleskan ramuan tersebu ke bagian borok yang sakit.

4. Gatal dan Cacar Air :
          1 potong kunyit diblender dengan segenggam daun asam yang sudah dicuci.
Kemudian ditumbuk atau diblender sampai halus. Oleskan ramuan pada bagian cacar air atau tubuh yang gatal.

5. Keputihan  :
          Parut kupasan kunyit tua sebanyak 15gram. Campurkan parutan dengan 150ml air asam dan gula jawa, kemudian aduk sampai merata. Peras campuran bahan tersebut kemudian saring dan minum setiap hari.

6. Radang amandel :
            Kunyit dengan besar setengah jari diparut dan dicampur dengan 2 sendok air  minum. Aduk campuran tersebtu kemudian diperas. Hasil perasan dicampur dengan 1 kuning telur ayam kampung dan sedikit air kapur sirih. Aduk adonan sampai merata kemudian minum 1-2 kali sehari.

7. Radang gusi :
           Kunyit sebesar ibu jari dan 3 potong gambir diiris kemudian direbus dalam 2 gelas air.Tunggu sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas. Air ramuan digunakan berkumur 3-4 kali sehari.

8. Haid  :
          Bahan: Kunyit dan daun sigading (15gram), biji pala dan kapulaga (10ggram), ketumbar, jinten hitam dan cengkeh (5ggram). Rebus semua bahan dengan 3 gelas air tunggu sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas. Saring hasil rebusan kemudian dibagi menjadi 3 untuk diminum pagi, siang dan sore.

9. Perut Mulas pada saat Haid  :
          Bahan: 1 rimpang kunyit sebesar 4 cm, 1 rimpang jahe sebesar 4 cm 1/2 rimpang kencur sebesar 4 cm. Parut semua bahan kemudian peras dan ambil air hasil perasannya. Hasil perasan tadi dicampur dengan perasan jeruk nipis. Seduh dengan setengah gelas air panas dan kemudian disaring.

10. Kesehatan kulit dan umum (jamu) :
          Bahan:rimpang kunyit segar 100 gram, air jeruk nipis 100ml, 1,5 sendok makan madu dan air secukupnya. Kunyit ditumbuk atau dihaluskan blender. Kunyit yang sudah halus kemudian dicampurkan dengan madu dan air jeruk nipis. Tambahkan air secukupnya dan minum secara teratur 1-3 kali sehari.

11. Pengobatan Diabetes mellitus  :
           Rebus 3 rimpang kunyit dan setengah sendok teh garam ke dalam 1 liter air sampai mendidih. Kemudian dinginkan dan saring. Minum 2 kali seminggu, satu kali minuman sebanyak 1/2 gelas.

12. Untuk Sakit Tifus :
            Bahan: 2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere, 1 lembar daun sambiloto.
Semua bahan dicampur kemudian ditumbuk atau diblender sampai halus. Peras campuran bahan yang sudah dihaluskan tadi untuk diambil airnya. Perasan ditambah 1 gelas air masak yang masih hangat kemudian disaring. Minum selama 1 minggu berturut-turut.

13. Untuk Disentri :
           Rimpang kunyit 1-2 buah, gambir dan kapur sirih direbus dalam 2 gelas air sampai mendidih dan tinggal 1 gelas kemudian angkat. Saring hasil rebusan untuk diminum 1-2 kali sehari.

14. Memperlancar ASI  :
          Tumbuk 1 rimpang kunyit sampai halus kemudian oleskan pada payudara sebanyak 1 kali setiap 2 hari.

15. Cangkrang (Waterproken)  :
           Tumbuk atau blender 2 rimpang kunyit dan 1 genggam daun eceng kemudian oleskan pada bagian yang kena cangkrang.

16. Berak Lendir (Disentri) :
            Bahan: 1 rimpang kunyit, 1 potong gambir, 1/4 sendok makan kapur sirih. Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas, kemudian saring. Minum 2 kali sehari 1/2 gelas pada waktu pagi dan sore hari.

17. Mencret  :
              Bahan: Rimpang kunyit 1/2 jari; Rasuk angin 1/2 sendok teh; Ketumbar 3 biji; Buah kayu ules 1 biji; daun trawas 1 helai, Tumbuk atau blender semua bahan kemudian  campur dengan 115 ml air dan panaskan sampai mendidih. Saring hasil rebusan. Minum pagi dan sore


Kunyit dilarang digunakan oleh ibu hamil karena dapat mengganggu janin. Kunyit juga tidak diperbolehkan digunakan oleh penderita batu empedu dan orang lanjut usia.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment