Thursday 28 February 2013

Khasiat Jamur

Jenis dan Khasiat jamur


Jamur, tahukah anda khasiat jamur begitu baik untuk kesehatan dan sudah diakui banyak orang ? siapa yang tidak mengenal jamur tanaman yang tidak mempunyai hijau daun ini. ternyata khasiatnya begitu banyak tidak hanya mengonsumsinya untuk memuaskan lidah dan mengenyangkan perut.
Pada zaman dulu jamur hanya bisa dijumpai saat musim hujan. Saat dimana suhu lebih lembab dibandingkan hari-hari biasanya. Tetapi saat ini, dengan teknologi canggih jamur dapat dikembangkan dalam skala pertanian. Jamur adalah jenis tumbuhan yang berkembang biak dengan
bantuan spora.
Karena jamur tidak berklorofil atau zat hijau daunsehingga ia tidak dapat membentuk makanannya sendiri. Jamur mengambil makanan dari tempat yang ditumpanginya. Karena itu, tanaman ini  sering ditemukan pada tempat lembab kaya bahan organik. Misalnya pada bekas pohon mati.

Beberapa  jenis jamur yang aman untuk dikonsumsi manusia.
Berikut beberapa jenis jamur dan khasiat jamur untuk kesehatan.




1. Jamur Tiram.
Khasiat jamur tiram sebagai sumber nabati non kolesterol. Jamur ini dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah pada penderita hipertensi dan jantung. Jamur tiram juga baik untuk program diet karena dapat mengurangi berat badan. Khasiat jamur tiram lainnya adalah menyembuhkan penyakit kurang darah, cocok untuk penderita diabetes. Jamur ini juga bersifat anti tumor dan dapat mencegah kekurangan zat besi.

 2. Jamur Kancing (Champignon) 
 Khasiat jamur kancing baik bagi penderita hipertensi dan penyakit jantung akibat kolesterol. Dinamakan jamur kancing karena bentuknya yang bulat menyerupai kancing. Jamur ini enak dimasak apa saja. Di Indonesia, jamur ini bahkan sudah diolah dalam bentuk jamur kaleng. Jamur ini juga dimanfaatkan sebagai bahan baku kosmetik untuk campuran penghalus kulit.

3. Jamur Kuping 
Jamur berwarna coklat dan berbentuk telinga ini umumnya dijual dalam bentuk segar dan jamur kering. Lendir pada jamur segar bermanfaat untuk menetralkan racun dalam bahan makanan.

 4. Jamur Merang
Khasiat jamur merang baik untuk pencegahan penyakit kanker. Kandungan zat aktif dalam merang juga berfungsi sebagai penawar racun. Dinamakan jamur merang karena mudah dijumpai tumbuh pada bekas sisa padi atau merang. Budi daya jamur merang saat ini tidak semata bergantung pada merang padi. Para petani jamur kini membudidayakan jamur merang dengan bantuan campuran sekam padi dan sekam kayu.

5. Jamur Shiitake
Dibandingkan jamur lainnya, jamur shiitake tergolong berharga lebih tinggi. Selain budidayanya yang lebih sulit, faktor harga mungkin juga dipengaruhi oleh khasiat jamur ini. Banyak yang mempercayai keampuhan
jamur shiitake sebagai afrodisiak alias pembangkit berahi.

Mencermati khasiat jamur yang luar biasa. Tak ada salahnya mulai sekarang, sediakan selalu jamur dalam menu harian Anda.Tapi hati-hati banyak pula jenis jamur yang beracun. Contoh jenis jamur beracum misalnya jamur dari spesies Amanita muscaria. Jamur konsumsi kin banyak dibudidayakan. Para petani jamur membuat kumbung, semacam bangunan, untuk budidaya jamur.

No comments:

Post a Comment