Friday 19 July 2013

Khasiat dan Manfaat Buah Mengkudu

Khasiat Buah Mengkudu

Kronologi buah mengkudu
Mengkudu adalah buah liar  yang dapat tumbuh dimana saja baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. tinggi pohon mengkudu bisa mencapai 4-8 m. buahnya berwarna hijau dan meiliki totol-totol. ketika sudah tua kulitnya akan berwarna putih dengan bintik-bintik hitam. Buah mengkudu juga memiliki bunga bongkol yang berwarna putih.

Kandungan Zat Pada Buah Mengkudu
  1. Scopoletin adalah salah satu zat kimiawi penting yang terdapat dalam Buah mengkudu yang dapat mengikat serotonin dalam tubuh manusia. fungsi scopoletin untuk memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan dan melancarkan peredaran darah. scopoletin juga dapat membunuh beberapa tipe bakteri, bersifat fungisida ( pembunuh jamur) terhadap pythium, dan juga bersifat anti-peradangan dan anti-alergi.
  2. Zat nutrisi, lengkap seperti protein, vitamin, dan mineral penting untuk tubuh semua terdapat dalam buah mengkudu. Selenium yang terdapat dalam buah mengkudu merupakan zat antioksidan yang hebat. Jenis-jenis senyawa yang terkandung dalam mengkudu : xeronine, plant sterois,alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, dll
  3.  Terpenoid, merupakan zat senyawa lainnya yang terkandung dalam buah mengkudu. Zat ini berguna untuk membantu proses sintesis organic dan juga bermanfaat untuk pemulihan sel-sel pada tubuh.
  4. Zat Anti Kanker, senyawa zat anti kanker di dalam buah mengkudu sangat efektif untuk melawan sel-sel abnormal. 
 Beberapa Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu serta cara mengonsumsinya..
  1. Khasiat Buah Mengkudu untuk menjaga daya tahan tubuh seperti membersihkan endapan lemak darah, mengobati  stroke, mencegah serangan jantung, mengobati aterosklerosis, membatasi penyerapan lemak, serta menurunkan tekanan darah tinggi. Para ahli peneliti kesehatan telah menunjukan bahwa minum jus mengkudu dapat membantu melindungi tubuh dari efek radikal bebas. Karena semua nutrisi yang terkandung sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berikut cara mengonsumsi jus mengkudu :
    • Siapkan buah mengkudu yang masih muda
    • Cuci sampai bersih
    • Buah yang sudah bersih kemudian di buat jus dengan menggunakan blender. biar rasanya lebih enak bisa dicampur dengan sedikit menambahkan madu, es, ataupun susu tergantung selera.
    • Minum jus mengkudu setengah jam sebelum sarapan.
  2. Khasiat buah mengkudu untuk mengobati penyakit kuning, pradangan hati, radang ginjal/radang limpa, membantu membuang cairan empedu dan kolestrol berlebih serta mengobati radang saluran kencing dengan cara mengonsumsi jamu buah mengkudu. berikut cara mengonsumsi Jamu Buah Mengkudu :
    • Siapkan beberapa buah mengkudu yang sudah masak
    • Satu potong Rimpang daun Lempuyang
    • Air putih secukupnya
    • Haluskan buah mengkudu
  3. Khasiat Mengkudu untuk obat batuk, caranya :
    •  Ambil 1 buah mengkudu dan 1/2 genggam daun poo (bujanggut)
    • cuci sampai bersih kedua ramuan tersebut,
    •  rebus dengan air 2 gelas sampai mendidih hingga airnya menjadi 1 gelas.
    • ambil airnya lalu saring. Minum ramuan air tersebut 2 kali sehari, pagi dan sore.
khasiat buah mengkudu untuk mengobati berbagai jenis penyakit dan lengkap dengan cara mengolahnya. selamat mencoba dan semoga cepat sembuh..

No comments:

Post a Comment