Monday 22 July 2013

Khasiat Tanaman Lidah Buaya

Khasiat dan Manfaat Lidah Buaya

Khasiat Lidah Buaya

Kronologi Tanaman Lidah Buaya

Lidah Buaya adalah salah satu tanaman yang banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan. Tanaman ini sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu. Pada dasarnya tanaman ini bermanfaat sebagai bahan baku industry farmasi dan kosmetik. banyak digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan perawatan kulit. Menurut catatan seorang ahli ilmu bumi berkebangsaan Arab bernama Idris, lidah buaya merupakan produk dari Pulau Socotra di Yunani dan sudah dikenal sejak abad ke-4 SM.
 Lidah Buaya pertamakali banyak ditemukan yaitu di Negara Afrika tepatnya Ethiopia, yang termasuk golongan Lilianceae. Aloe Vera adalah zat yang terkandung dalam tanaman Lidah Buaya ini berasal dari bahasa Arab yaitu " aloeh" yang artinya Zat pahit yang mengilap. zat aloe vera yang banyak terkandung di dalam daun Lidah Buaya ini dikenal khasiatnya sejak 4000 tahun yang silam karena mengandung berbagai macam nutrisi. 
Tanaman ini masuk ke Indonesia sekitar abad ke-17'an di bawa oleh petani Cina. Awalnya Indonesia masih kurang mengenali manfaat tanaman ini yang begitu banyak. mereka hanya menggunakannya sebagai bahan tradisional untuk penyubur rambut. Baru pada tahun 1990 petani di Kalimantan mulai mengolah tanaman ini menjadi minuman lidah buaya.Hingga saat ini tanaman Lidah Buaya merupakan salah satu tanaman yang terlaris di Dunia untuk masalah kesehatan dan perawatan tubuh manusia.

 Kandungan Zat Pada Tanaman Lidah Buaya

Zat aktif yang terkandng dalam Tanaman Lidah Buaya antara lain :
  • Antrakuinon, adalah zat antibiotik yang bersifat beteriostatik ternyata sangat berperan dalam tanaman Lidah Buaya guna pencegahan pertumbuhan bakteri. Adapun yang menyatakan bahwa antrakuinon merupakan suatu persenyawaan fenolik, sehingga mekanisme kerja sebagai antibakteri mirip dengan sifat-sifat fenol, yaitu menghambat bakteri dengan cara mendenaturasi protein (Fitri, DN., 2005).
  • Mannans asetat
  • Polymannans
  • Antrakunion, dan 
  • Berbagai lektin
Bahkan masih banyak zat-zat senyawa lainnya yang terkandung dalam tanaman Lidah Buaya guna sebagai tanaman obat baik untuk kecantikan dan pengobatan.


Berikut beberapa Khasiat dan Manfaat kesehatan dari tanaman herbal lidah buaya

  1. Untuk membantu mengobati Luka bakar, kandungan yang terdapat dalam tanaman lidah buaya seperti flavonoid, saponon, tanin, dan polifenol mampu membantu mengobati luka bakar. gel yang terdapat dalam tanaman ini sangat berkhasiat
  2. Untuk membantu mengobati peradangan. anti imflamasi yang terkadung dalam lidah buaya mampu untuk meredakan sakit peradangan. Gel lidah buaya dapat mencegah atau menghentikan peradangan yang disebabkan oleh cedera, disfungsi kekebalan tubuh, dan banyak masalah lain.
  3. Untuk membantu mengobati Kanker dan Tumor, kandungan zat Polisakarida yang terdapat dalam Lidah Buaya memiliki sifat anti Tumor menurut para peneliti kesehatan. Lidah buaya akan membantu memperkuat sistem imunitas tubuh dan memberikan kontribusi untuk penghancuran tumor Kanker.
  4. Untuk Membantu perawatan kulit, manfaat lidah buaya untuk kulit sangatlah banyak diantantaranya sebagai tumbuhan etoksifikasi kulit, membantu peremajaan kulit, membantu menghilankan jerawat, komedo, membantu mempercepat proses penyembuhan luka, dan masih banyak lagi kegunaan yang lainnya untuk kulit.
  5. Untuk membantu dalam mengurangi ketombe, Lidah buaya dapat membantu dalam mengurangi gatal dan ketombe. Lidah buaya juga bisa digunakan sebagai perawatan rambut sebelum Anda keramas.
  6. Untuk membantu menurunkan berat badan, Jus lidah buaya telah digunakan selama bertahun-tahun untuk menurunkan berat badan.
  7. Membantu kesehatan mulut,  Lidah buaya sangat bermanfaat untuk masalah mulut dan gusi, terutama dalam memperbaiki gusi yang memburuk.
Itulah Beberapa dari Khasiat Tanaman Lidah Buaya. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini. Semoga bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment